Namanya emosi memang sulit dikendalikan. Kadang ini jadi bumerang sendiri, pikiran pun jadi nggak karuan, dan batin pun tersiksa.

Pacar nggak balas chat, langsung pengin putus. Omongan teman agak jleb, langsung pengin ngamuk. Kalau tersinggung, bawaannya pengin langsung ngelabrak aja. Dengar kabar nggak ngenakin sedikit langsung murka, pikiran pun langsung ke mana-mana. Kalau udah begini, ngapa-ngapain jadi nggak enak guys. Nggak konsen, dan pikiran jadi butek sendiri, apa-apa rasanya salah.

Hmm, apa kamu juga familier dengan kondisi itu? Wajar kok. Belajar ngontrol emosi emang gak gampang, tapi harus tetap dilatih ya supaya kamu nggak nyesel di kemudian hari. Nah, buat kamu yang sering kesulitan menahan emosi coba deh beberapa cara ini.

1. Pas kamu kepancing jadi emosi, coba duduk dulu..

Duduk dulu aja

Kadang kita hanya harus menunda reaksi selama satu menit, untuk membuat perbedaan. Jadi kalau ada sesuatu yag memancing emosimu ini, jangan buru-buru merespons ya guys. Duduk saja dulu, tenangkan pikiranmu sendiri. Dengan begitu kamu akan bebas dari momen-momen menyesal “duh, kenapa tadi aku langsung marah-marah ya?”

2. Setelah lebih tenang, coba cari tahu, kenapa sih emosimu kepancing?

evaluasi emosimu via www.123rf.com

Yang namanya emosi itu nggak perlu disangkal. Malah harus diakui semisal kamu lagi marah atau galau banget. Setelah diakui, kamu juga bisa cari tahu akar persoalannya, kenapa sih kamu marah banget atau sedih banget? Apa iya cuma karena pacar telat balas chat, atau kamu curiga dia macam-macam di belakangmu? Ini perlu kamu cari tahu, supaya kamu tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

3. Pikirin akibatnya bakal kayak apa nanti…

Pikirin juga ke depannya gimana~ via www.pexels.com

Yang ini penting banget. Emosi sering bikin kita nggak mikir lagi apa dampaknya nanti. Misalnya lagi sebel banget sama teman, terus kamu kemarahanmu kamu posting begitu saja di media sosial. Dokter Gen Z yakin saat emosimu reda nanti, kamu bakal nyesel abis, dan kamu gak bisa narik kembali kata-kaya yang nyakitin itu dan kamu udah merusak hubungan pertemananmu. Nah, nggak mau ‘kan kayak gitu? Selalu ingat bahwa sebagian besar keputusan yang diambil saat emosi itu akan disesali di kemudian hari. Jadi, sebelum kamu ambil keputusan, pikirkan dulu dampaknya di kemudian hari ya~

4. Nyamankan dirimu dengan melakukan kegiatan favorit

Tenangkan diri dengan hobi

Ngelakuin sesuatu yang disukai itu bisa ngalihin mood kamu yang tadinya  emosi meledak-ledak jadi lebih tenang. Peralihan fokus perhatian akan menjaga rasa frustasimu gak terus melebar kemana-mana. Saat pikiranmu sudah mulai melantur dari A ke Z, atau saat kamu sedang pengin marah-marah, coba deh tenangkan dirimu dengan melakukan hal-hal positif. Baca buku, olahraga, main musik, atau apa pun yang biasanya bikin mood kamu baik lagi. Setelah itu, dijamin pikiranmu lebih fresh dan bisa menilai dengan lebih jernih.

5. Coba deh ngobrol sama orang terdekat, siapa tahu masukannya bisa membantu

Ketika emosi menguasai diri, seringnya kita cuma melihat ke satu arah. Pokoknya kamu doang yang benar, yang lain salah. Nah, di sini penting juga kamu untuk ngobrol dengan orang lain buat minta masukan. Misalnya orangtua, sahabat, orang dewasa yang kamu percaya, atau mungkin ke orang ahli seperti psikolog. Dengan begitu, kamu jadi dapat masukan dan jalan keluar untuk masalah emosi yang kamu hadapi.

 

Emosi itu ada banyak. Ada yang positif ada juga yang negatif. Rasa senang, semangat, pokoknya segala sesuatu yang bikin kamu pengin senyum aja, itu emosi yang positif. Sementara emosi yang negatif itu seperti galau terus-terusan, sedih, marah, takut, benci diri sendiri, cemburu, kesepian, dan lain sebagainya. Itu semua hal alami yang dimiliki oleh semua manusia di muka bumi ini kok. Jadi, kamu nggak sendirian ya dalam urusan pengendalian emosi ini. Kalau kamu sudah tahu caranya mengendalikan emosi, nggak ada lagi tuh galau berlarut-larut dan curhat di media sosial. Hehehe

 

 

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA

  • 6.4K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya