Sistem Kebut Semalam atau SKS yang sering kita lakukan pada saat menjelang ujian ternyata tidak efektif loh, Sobat GenZ. Menurut Dr. David Dunning dan Dr. Justin Kruger, dua profesor psikologi dari Cornell University, yang menciptakan sebuah teori yang dikenal dengan ilusi kompetensi, yaitu suatu keadaan yang menggambarkan situasi mental kita yang merasa yakin bahwa telah mampu menguasai materi dalam waktu yang relatif singkat. Padahal kenyataannya? Tentu nggak dong~

Setelah menyelesaikan membaca materi dari buku, tidak menjamin kita untuk memahami keseluruhan isinya. Maka dari itu, mari kita mengenal teknik belajar yang efektif dan nggak membosankan. Check this out!

 

Teknik visual

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, terutama dengan adanya internet, mempermudah kita untuk mendapatkan informasi mengenai pembelajaran. Walaupun penjelasan yang ada di buku sudah sangat lengkap, dengan teknik belajar visual, seperti menonton YouTube, film, atau ilustrasi akan membuat materi yang sedang kita pelajari akan semakin mudah untuk dipahami. Ya, nggak? Dengan adanya grafik, bagan, dan materi pelajaran yang dijelaskan secara bergambar akan mempermudah kita untuk menyimpan sebuah informasi.

Teknik audiotori

Selain teknik visual yang membuat materi pembelajaran semakin asyik untuk dipahami, tak ketinggalan juga dengan teknik yang satu ini Sobat GenZ. Dengan gaya audiotori yang mengandalkan pendengaran sebagai gerbang utama untuk memahami sebuah materi, kamu bisa mengulang-ulang kembali rekaman suara tersebut, di mana pun dan kapan pun. Biar makin fokus, jangan lupa menggunakan earphone saat mendengarkan materinya, ya.

Teknik Kinesktik

Teknik pembelajaran yang satu ini dapat melibatkan gerakan dan sentuhan untuk memproses sebuah informasi dan membantu kamu untuk menyimpan informasi dengan lebih baik. Misalnya dengan melakukan eksperimen. Tapi ingat! Untuk melakukan sebuah eksperimen, pastikan hal tersebut tidak membahayakan, ya, Sobat GenZ.

 

Nah, itu dia beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk memahami materi lebih dalam, biar nggak hanya dari membaca saja. Hayo, siapa yang suka ngantuk saat membaca buku? Semoga teknik-teknik yang sudah dipaparkan tadi bisa bermanfaat dan membantu proses belajarmu, ya. Good luck!

Referensi:
Medium. (2020). How to overcome your Illusions of Competence
Sehatq. (2020). Dunning-Kruger Effect, Ketika Seseorang Berlagak Sok Pintar
Ruangguru. (2020). Visual, Auditori, Kinestetik. Yang Mana Gaya Belajar Kamu?
Knowledgehut. (2015). 5 Reasons Why Visual Lessons Stimulate Your Brain More than Classroom Learning
Indeed. (2021). Guide to Kinesthetic Learning: Definition, Benefits and Careers

  • 16
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya