Meskipun sekolah diliburkan tapi bukan berarti boleh malas-malasan di rumah lho ya. Masa-masa ini bisa kamu gunakan untuk belajar mandiri. Atau kalau bosen belajar sendiri, kamu bisa manfaatin beberapa situs daring atau online yang memberikan layanan pembelajaran secara gratis. Nah Dokter Gen Z udah merangkumkan nih beberapa platform yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar pas di rumah aja. Biar nanti kalau masa pandemi ini berakhir dan waktunya kembali ke sekolah, kamu udah siap dan nggak kaget menyesuaikan pelajaran lagi. Yuk simak!

Ruangguru dan Zenius bisa jadi tempat belajar online yang seru di rumah

Pasti udah familiar dong dengan nama-nama platform belajar online seperti Ruangguru dan Zenius? Mungkin beberapa dari kamu juga sudah pernah menggunakannya. Nah kebetulan nih, dalam rangka membantu pemerintah dalam menanggulangi COVID-19, beberapa platform edukasi dalam jaringan menggratiskan biayanya supaya bisa menemani kamu belajar di rumah. Seperti Zenius misalnya, platform yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini memberikan layanan free alias cuma-cuma buat kamu. 

Selain platform penyedia layanan pendidikan, kamu juga bisa memanfaatkan salah satu Google Suite for Education, yakni Google Classroom. Google Classroom biasanya digunakan untuk memberikan materi dari guru atau mengunggah tugas sekolah secara daring. 

Udemy, Edx, dan Coursera 

Tiga nama platform belajar online ini memang bukan asli Indonesia, tapi bisa juga kamu manfaatkan untuk belajar keterampilan baru. Misalnya nih yang suka ngedit-ngedit audio visual bisa ambil kelas Adobe Premiere di Udemy. Udemy juga memberikan banyak pilihan topik, ada bisnis, keuangan, fotografi sampai gaya hidup. Sayangnya Udemy hanya memberikan potongan biaya saja alias diskon. 

Atau misalnya kamu mau belajar gratis bisa juga manfaatin course cuma-cuma dari Coursera. Apalagi kamu yang tertarik dengan data science, teknologi informasi, komputer, sampai pengembangan diri ada lho di Coursera. Cuma-cuma lagi, mantap kan!

Sedangkan Edx merupakan platform belajar yang bekerja sama dengan kampus dan institusi terbaik di dunia. Edx bisa dimanfaatkan untuk berbagai kalangan termasuk mahasiswa yang ingin belajar berbagai subyek ilmu. Mulai dari ilmu sosial, arsitektur, kedokteran, hingga teknologi. Materi daringnya beragam, misalnya dengan pembelajaran melalui video yang diberikan per sesi dan bisa diakses sesuai jadwal. 

Berbagai platform pembelajaran tersebut bisa dimanfaatkan baik untuk siswa belajar dan juga guru dalam menyusun materi. Jadi selama pandemi kamu bisa tetap belajar dengan nyaman, biar pas udah mulai masuk sekolah bisa segera beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Tetap semangat dan terus belajar ya!

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya