Berhubung pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan uji coba atau transisi menuju new normal, kamu harus tetap waspada ya. Sebab kebijakan new normal ini memang dilakukan agar kamu tetap produktif. Tapi bukan berarti sudah aman dan bebas COVID-19 lho ya, makanya untuk berjaga-jaga pas melakukan aktivitas keluar rumah jangan lupa bawa beberapa benda ini sebagai senjata andalan kamu di tas ya…

Tas siaga COVID-19

1. Masker tetap wajib di era new normal

Kemanapun kamu pergi jangan lupa untuk selalu menggunakan masker. Masker udah jadi senjata wajib deh untuk pencegahan pandemi agar tidak semakin meluas. Selain yang kamu pakai, bawa juga ya masker bersih sebagai cadangan. Oh iya kantong untuk menyimpan masker yang sudah dipakai juga bisa kamu bawa. Supaya tidak bercampur dengan barang-barang lain yang bersih. Untuk jenis masker kain yang baik, kamu bisa baca lengkapnya di artikel Dokter Gen Z ini ya.

2. Cairan pembersih tangan

Selain masker cairan pembersih tangan atau hand sanitizer juga jadi senjata ampuh untuk bepergian. Hand sanitizer dan masker udah ibarat pistol sama pelurunya. Eits tapi penting diketahui bahwa cairan ini hanya digunakan pas kepepet nggak ada sumber air dan sabun untuk cuci tangan ya!

3. Sabun tangan, cairan disinfektan, dan tisu

Cuci tangan dengan sabun memang lebih baik dalam membunuh kuman, bakteri, dan virus. Apalagi sekarang kesadaran masyarakat sudah lebih baik dalam mencegah COVID-19. Buktinya sekarang kalau kamu keluar rumah, hampir di setiap tempat disediakan sumber air mengalir untuk cuci tangan. Cairan disinfektan bisa kamu gunakan untuk membersihkan benda-benda yang akan kamu pegang, misalnya handphone, keyboard, atau handle pintu. 

4. Alat ibadah

Buat yang bergama muslim penting nih untuk membawa mukena atau sarung dan sajadah sendiri. Hal ini dilakukan agar kamu nggak perlu meminjam atau menggunakan alat ibadah umum yang mungkin telah dipakai banyak orang. Tujuannya ya jelas untuk antisipasi dalam meminimalkan kemungkinan penularan COVID-19.

5. Alat makan dan tas belanja lipat

Belakangan kesadaran untuk mengurangi sampah plastik membuat banyak orang membawa benda-benda yang bisa dipakai ulang atau reusable. Mulai dari mengganti sedotan plastik ke sedotan berbahan stainless steel sampai membawa kantong kain untuk belanja. Nah ini justru kebiasaan baik yang harus ditingkatkan, apalagi selama pandemi ini. Selain sedotan kamu juga bisa membawa alat makan lain sepeti botol minum, sendok, garpu, sumpit, atau kotak makan. Supaya ketika terpaksa harus makan di luar, alat yang kamu gunakan benar-benar bersih dan punya sendiri. Plus bonusnya kamu bisa mengurangi sampah plastik lho.

Itu dia beberapa senjata wajib yang bisa kamu bawa dalam tas kamu dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru. Meskipun kamu harus keluar rumah, tapi kamu akan tetap bisa melindungi diri sendiri dan orang lain. Oh iya buat kamu yang bepergian menggunakan motor atau ojek online, kenakan jaket dan bawa helm sendiri ya biar makin terlindungi. Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya