Sobat GenZ, apa kabar nih resolusi yang udah dibuat di awal tahun? Udah pada SMART belum? Buat membangun kebiasaan kita harus pasang strategi kuda-kuda nih biar resolusi tercapai dan tetap konsisten dalam jangka panjang. Apalagi kebiasaan seperti rutin berolahraga, makan sehat, melepaskan kebiasaan buruk, dan tujuan lainnya. Tentu saja hal ini membutuhkan pengendalian diri dari godaan-godaan yang sering kali datang dan membuat kita terlena pada tujuan kita.

Sebuah survei yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA) menemukan bahwa 27% responden mengidentifikasi kurangnya kemauan sebagai faktor utama yang menghalangi seseorang mencapai tujuannya. Makanya nih, Dokter GenZ bakal kasih tips buat kamu tentang self-control.

Kenapa kita harus melakukan self-control?

Self-control adalah kemampuan untuk mengatur dan mengubah perilaku yang diperlukan untuk mencapai resolusi menjadi kebiasaan, sehingga resolusi yang sudah kamu buat nggak cuma berhenti jadi tulisan di awal tahun aja.

Bagaimana cara kita menerapkan self-control?

Jangan sampai tergoda | Photo by getty images – www.inc.com

Seseorang biasanya memiliki kesulitan untuk menunda kepuasan sesaat yang menghampirinya, meskipun hal tersebut akan memberikan dampak. Padahal dengan menunda kepuasan sesaat dan menunggu untuk mendapatkan apa yang kita inginkan adalah bagian terpenting dari pengendalian diri. 

Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Walter Mischel dari University of  Stanford untuk mempelajari mengenai menunda kepuasan dengan mengusulkan sistem yang disebut “panas dan dingin” Mau tau ? bagaimana sistem ini bisa menunda kepuasan. Simak penjelasan berikut ini ya sobat GenZ 

System Cool Thinking

System Cool Thinking adalah cara berpikir yang lambat, kompleks, dan berpusat di frontal lobe atau bagian otak kita yang lebih rasional. Membantu kita mencari cara untuk mengalihkan perhatian kita dari dorongan untuk merasakan kepuasan sesaat, dan menemukan cara yang lebih tepat untuk mengatasi keinginan tersebut. 

Misalnya, ketika kamu sedang jalan-jalan di sebuah mall tanpa sengaja kamu melihat menu restoran cepat saji yang menggiurkan. Padahal kamu sedang mengurangi untuk makan-makanan yang tidak sehat dan coba segera alihkan pikiranmu dengan hal-hal yang membuatmu tidak jadi membelinya dan menunda kepuasan sesaat demi mewujudkan resolusi yang telah kamu rencanakan. 

System Hot Thinking

System Hot Thingking adalah cara berpikir yang sederhana, cepat dan sifatnya emosional karena berpusat di amygdala, bagian otak yang mengatur emosi. Mendorong kita untuk bertindak sesuai keinginan. Ketika sistem ini mengambil alih, kita mungkin menyerah pada keinginan sesaat dan bertindak gegabah tanpa mempertimbangkan potensi efek jangka panjangnya.     

Misalnya, kamu mencoba untuk membeli barang-barang sesuai keinginanmu, tentu itu akan membuat kamu senang sesaat. Padahal barang tersebut hanya sebatas keinginan bukan kebutuhan yang mendesak. Akibatnya kamu jadi lupa menyisihkan uang untuk di tabung. 

 

Nah, Sobat GenZ udah tahu kan gimana cara mengendalikan diri untuk tetap konsisten sama tujuan? So, tunggu apalagi yuk kita terapkan metode pengendalian diri. Supaya kita juga bisa menjaga perilaku yang sehat.

 

Referensi : 

Very Well Mind. (2020). How to Improve Your Self-Control

Psychology Today. Self-Control.

  • 20
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya