Temen: “Kok kayaknya galau banget? Lagi mikirin apa sih?

Kamu : Gak papa

Mungkin kamu sering dengar temanmu ngomong kayak gitu. Atau mungkin kamu sendiri yang ngomong kayak gitu. Nyatanya emang banyak yang masih berpikir terlalu sederhana dan menganggap enteng masalah-masalah kesehatan yang terjadi. Contohnya ya kayak masalah di atas, galau bagi kita yang masih remaja dianggap sepele dan nggak perlu dipikir berat-berat. Padahal, galau pun bisa jadi masalah kesehatan kalau nggak ditangani dengan baik lho.

Mungkin kamu perlu ke dokter atau Pusat Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), yaitu pusat layanan kesehatan yang khusus melayani kebutuhan remaja. Disana kami bisa mastiin gejala-gejala yang kamu alami itu apakah sesuatu yg serius dan harus ditangani atau nggak. Di bawah ini beberapa isu kesehatan yang biasanya diabaikan remaja.

 

1. Siklus menstruasi nggak teratur

Siklusnya berantakan~ via www.123rf.com

Biasanya menstruasi pertama kali di usia 12 tahun. Tapi ada juga yang terjadi di usia 10 – 15 tahun. Siklusnya sendiri terjadi selama kurang lebih tujuh hari dalam jangka waktu 4-5 minggu. Nah tapi jangan diabaikan kalau kamu mengalami masalah-masalah menstruasi seperti di bawah ini:

  1. Belum mengalami haid sampain umur 16 tahun
  2. Siklus menstruasi tetap nggak teratur setelah 2-3 tahun pertama. Menstruasi yang teratur itu terjadi 4-5 minggu sekali, jadi menstruasi yang kamu alami lebih cepat atau lebih lambat dari siklus ini maka itu termasuk gak teratur.
  3. Pendarahannya banyak banget
  4. Sakitnya nggak ketahan, misalnya kram perut atau sakit kepala yang sampe bikin nggak nyaman buat bangun
  5. Premenstrual Syndrom yang luar biasa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari

2. Persoalan berat badan dan pola makan nggak sehat

Persoalan berat badan via www.123rf.com

Pernahkah kamu ngerasa kebiasaan makanmu gak kekontrol? Kamu ngebiarin hidupmu diatur oleh makanan, kamu ngerasa bersalah setelah makan, atau takut untuk makan sampe kalo abis makan jadi dimuntahin, atau kamu makan ketika lagi emosi? Hubungan dengan makanan harusnya bikin kita happy tapi kadang kita perlu bantuan untuk bisa mencapai perspektif positif untuk jadi lebih sehat. Mengubah pola makan bisa jadi cukup menantang, tapi dengan berjalannya waktu dan kesabaran serta bantuan dari praktisi kesehatan seperti mereka yang siap bantu kamu di PKPR tentunya ini akan jadi lebih mudah.

Menjaga diet sehat dan pola makan sehat, serta berat badan ideal tak hanya penting untuk rasa percaya dirimu, tapi juga banyak manfaatnya yang akan kamu rasakan sampe nanti dewasa.

3. Galau dan baper parah

Galau berkepanjangan via www.123rf.com

Galau dan baper mungkin terlihat sepele. Baper karena sesuatu itu normal tapi kadang perasaan sedih atau kesel itu kok rasanya berlarut-larut ya?. Padahal galau dan baper ini bisa meningkat menjadi stres kalau diabaikan. Ingat saat kamu galau karena sesuatu, lalu kamu jadi nggak fokus belajar, nggak mood buat ngobrol dengan siapa pun, nilai terjun bebas, dan tiap hari perasaanmu mendung melulu? Itulah dampak dari galau dan baper tanpa kamu sadari. Kalau galau dan bapermu sudah sangat mengganggu, alias hal-hal yang disebut di atas tadi sudah kamu alami, jangan ragu untuk konsultasi dengan ahlinya ya. Jangan disembunyikan dan tak perlu pura-pura tegar, ya. Kalau memang butuh curhat, ya curhat aja~

 

Beda orang, beda juga masalahnya. Apalagi kita yang masih remaja, cara penanganan masalahnya pun nggak bisa disamakan kayak anak-anak dan orang dewasa. Karena itu ada yang namanya Pusat Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), yaitu pusat layanan kesehatan yang khusus melayani kebutuhan remaja. Banyak layanan yang bisa kamu dapetin di sana seperti kesehatan reproduksi, pencegahan kehamilan remaja, kesehatan jiwa, gizi, dan masih banyak lagi Makanya jangan ragu untuk minta bantuan dan konsultasi ya, kalo kamu ngalamin beberapa hal diatas!

 

 

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA

  • 2
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya