“Ini apa ya kok ada cairan putih di celana dalamku?”

Kalau kamu pernah ngalamin hal di atas, kamu pasti pernah ngerasain juga bingungnya kayak apa. Tiba-tiba ada cairan putih lengket yang menempel di celana dalam, padahal kamu nggak lagi mens dan merasa baik-baik aja. Terus pas googling nemu istilah “keputihan” dan pas kamu baca artikelnya rumit banget penjelasannya dan agak-agak seram gitu. Terus gimana dong? Jangan-jangan tanda bahaya?

Nah, biar kamu nggak parno dan panik sendiri soal cairan bening alias keputihan ini, coba deh baca artikel di bawah ini.

Keputihan adalah cairan yang warnanya cenderung putih atau bening yang keluar dari vagina

Cairan mirip lendir yang kamu temukan menempel atau tertinggal di celana dalam itu asalnya dari dalam vagina. Keputihan ini gunanya ngebersihin dan melumaskan vagina biar terhindar dari infeksi dan iritasi. Biasanya, keputihan bakal keluar banyak saat kamu lagi ovulasi atau sekitar dua minggu setelah hari pertama mens. Jadi, kamu nggak perlu takut atau khawatir karena keputihan termasuk hal yang normal terjadi pada cewek yang sudah puber. Tapi tentu aja, selama keputihannya itu tergolong normalya!

Lalu, gimana caranya tahu bahwa keputihannya itu normal?

Meskipun setiap cewek ngeluarin keputihan dengan karakteristik yang berbeda-beda mulai dari warna, tekstur, hingga banyak atau sedikitnya, tapi keputihan yang normal itu punya ciri-cirinya sendiri. Umumnya, keputihan yang normal itu berwarna bening atau putih, tebal atau tipis, kental atau encer, lengket dan elastis, lalu yang paling penting nggak berbau atau disertai gatal di vagina atau di labia (bibir vagina).

Nggak usah khawatir, keputihan itu normal kok, asal…..

Keputihan normal ciri-cirinya:

  • Putih dan tebal: keputihan normal yang biasanya muncul menjelang dan di akhir masa haid. Tapi kalau disertai gatal, bisa jadi karena infeksi jamur.
  • Bening dan elastis: keputihan normal yang menandakan kamu sedang dalam masa ovulasi.
  • Bening dan encer: keputihan normal, umumnya terjadi setelah olahraga.

Nah keputihan yang ciri-cirinya kayak gini nih yang perlu kamu waspadai

Normal atau nggaknya keputihan bisa dilihat dari warna, volume, bau, dan teksturnya. Ciri-ciri keputihan yang nggak normal adalah:

  • Kuning atau kehijauan: keputihan nggak normal karena infeksi, terutama jika tebal, menggumpal, dan bau busuk.
  • Cokelat: keputihan normal, biasanya terjadi di akhir-akhir mens yang fungsinya membersihkan.
  • Disertai bercak darah: keputihan normal jika muncul pas masa-masa mens. Tapi kalau warnanya berubah-ubah dalam beberapa hari, bisa jadi tanda bahaya.
  • Teksturnya lebih kental, berbusa, atau menggumpal kayak keju cottage

Biasanya, keputihan yang nggak normal itu disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau penyakit menular seksual. Kalo kamu mengalami keputihan gak normal seperti yang dijelaskan diatas segera bicara sama ortu kamu atau konsultasi ke dokter. Jangan coba-coba diatas sendiri karena bisa bikin kondisimu makin buruk.

  • 2
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya