Hayo, seberapa sering nih kamu melakukan masturbasi atau coli dalam sebulan ini? Ternyata oh ternyata, tidak hanya sperma loh yang keluar dari penismu saat ejakulasi. Tapi ada juga yang namanya cairan semen atau yang biasa disebut dengan air mani. Cairan ini merupakan nutrisi sperma dan juga memfasilitasi sperma bergerak ke organ reproduksi perempuan.

Cairan ini biasanya dikenal dengan warnanya yang putih. Tapi tahu nggak sih kalau air mani bisa berubah menjadi beberapa warna loh! Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti terlalu sering melakukan masturbasi atau coli, diet, kurang menjaga pola makan, hingga penyakit tertentu. Untuk itu, penting banget nih supaya kita bisa sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan seksual. So, tunggu apa lagi, yuk simak artikel yang satu ini. Check this out

Air mani berwarna kekuningan atau kehijauan 

Pernah nggak kamu menemukan air mani yang keluar itu berwarna kuning? Eits, jangan panik dulu. Hal ini bisa disebabkan karena bercampurnya air mani dan sperma dari sisa urin (air kencing) yang ikut terbawa di saluran uretra sebagai jalur utama keluarnya ejakulasi. Hal ini membuat air mani menjadi kekuningan atau kehijauan. 

Air mani berwarna jingga hingga kemerahan 

Dengar warnanya saja sudah membuat kita ngeri-ngeri sedap ya, Sobat GenZ. Air mani yang berwarna merah itu sudah tergolong tidak normal loh. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya peradangan, penyumbatan, infeksi, hingga cedera pada sistem reproduksi.

Air mani berwarna coklat

Jika air mani yang tadinya berwarna merah karena adanya cedera atau infeksi pada testis, bisa berubah menjadi coklat loh. Hal ini bisa disebabkan karena air mani terpapar oleh oksigen sehingga terjadi oksidasi. 

Air mani berwarna hitam

Untuk warna yang satu ini kayaknya jarang terjadi ya, Sobat GenZ. Tapi kamu juga perlu tahu bahwa air mani yang berwarna hitam bisa disebabkan oleh pola makan yang kurang dijaga kebersihannya loh. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang kamu konsumsi mengandung logam berat, seperti timbal, nikel, dan mangan. 

Air mani berwarna putih 

Nah, kalau air mani satu ini sih, pastinya Sobat GenZ sudah tak asing ya melihatnya. Warna tersebut menandakan bahwa kondisi air mani kamu normal dan sehat. 

 

Perubahan warna air mani yang telah disebutkan tadi ada yang normal dan juga ada yang mengindikasikan sesuatu yang sedang ‘terjadi’. Nah, makanya kamu harus memperhatikan banget nih apa yang terjadi pada tubuhmu. Jangan ragu untuk pergi ke layanan kesehatan jika terjadi perubahan. Apalagi jika disertai gejala nyeri, sakit berkelanjutan, hingga susah untuk buang air kecil. 

Untuk layanan seputar edukasi kesehatan seksual dan hal tabu lainnya kamu bisa mengakses di website dan Instagram Dokter GenZ. Sehat-sehat terus ya, guys

 

Referensi:

Healthline. (2018). Semen Color Chart: Yellow, Clear, Brown, Jelly Texture, and More

Hello Sehat. (2019). Warna Sperma Menandakan Kesehatan Pria, Mana yang Normal?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya