Pemerintah Jakarta telah resmikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 10 April lalu. PSBB memang dilakukan untuk membatasi segala kegiatan di luar rumah yang berpotensi meningkatkan penyebaran COVID-19, dan rencananya nih, PSBB ini juga akan dilakukan di beberapa daerah lainnya. 

Tapi sebenarnya banyak sekolah, universitas, maupun kantor sudah melakukan kegiatan belajar di rumah dan Work From Home (WFH) beberapa minggu sebelum PSBB diresmikan. Dengan penerapan peraturan ini dan kegiatan physical distancing yang dilakukan, bukan berarti kamu jadi nggak bisa produktif lho. Kamu tetap bisa menjadi pribadi yang produktif walaupun melakukan segala sesuatunya di rumah. Nih, Dokter Gen Z bagi tipsnya:

Getting ready!

Yuk pilih outfit favorit dan make up look yang bikin kamu pede sebelum melakukan aktivitas di rumah. Bersiap dan menggunakan pakaian yang nyaman bisa bikin mood kamu oke dan tentunya berpengaruh pada produktivitas, lho. Nah it’s okay meskipun di rumah aja tapi gaya penampilan tetap harus maksimal.

Bikin To do List dan tetapkan deadline harian

Sebelum memulai kegiatan, catat hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan di hari ini. Tentukan juga prioritas mana aja yang harus didahulukan seperti deadline tugas, melakukan virtual meeting, dan lain sebagainya. Ini supaya kamu bisa tetap fokus menggunakan waktu sekolah atau kuliah dengan efektif.

Belajar sesuai dengan waktunya

Kuliah di rumah atau learning from home bukan berarti bikin hari kamu jadi leyeh-leyeh dan rebahan aja, gengs. Yuk terapkan jam belajar sesuai dengan jam kuliah atau peraturan sekolah. Jangan lupa juga tetap selipkan jam istirahat, ya, 20 minutes for having a great lunch won’t hurt. Nah, dengan disiplin dan memiliki jam belajar atau kerja, kita jadi bisa membedakan mana waktu untuk belajar dan beristirahat. Tugas-tugas pun bisa segera terselesaikan tanpa adanya distraksi dari luar. Kuncinya hanya satu: Disiplin!

Pisahkan ruang belajar dari ruang tidur

Bekerja sambil rebahan mungkin menggoda untuk dilakukan. Tapi, yuk kita kasih jarak terhadap distraksi dengan memisahkan ruang belajar dengan tempat tidur. Nggak perlu yang repot banget kok, cukup dengan menaruh meja kecil di pojok kamar, atau memilih ruangan lain di rumah. Hal kecil seperti ini bisa menstimulasi pikiran kita untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tempat dan tujuan kita. Jadi lebih produktif, deh!

Self care!

After a long day of study, you deserve something good for yourself! Makanan sehat yang mengenyangkan, segelas jus atau kopi kekinian, atau berolahraga ringan dengan instruktur dari video yang bisa kamu dapatkan online. Pokoknya segala sesuatu yang akan me-recharge dirimu lagi di penghujung hari. Oh ya, jangan lupa juga untuk stay hydrate selama belajar atau kuliah dari rumah! Seberat apapun tantangan belajar online, sebanyak apapun deadline tugas yang harus dibuat, yuk tanamkan prinsip kalau kamu bisa terus produktif di masa pandemi seperti ini. Remember, this too shall pass!

 

  • 1
    Share

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya