Pemerintah telah melarang aktivitas pulang kampung atau mudik di masa lebaran tahun ini. Pelarangan ini dilakukan sebagai salah satu langkah memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Seperti yang kita tahu, walau terlihat sehat dan baik-baik saja, siapa tahu kita adalah silent carrier atau pembawa virus yang berisiko menularkan penyakit kepada keluarga di kampung halaman.

Nah, dengan adanya pelarangan mudik, bukan berarti kamu juga bisa keluar rumah atau berwisata, lho. Kamu tetap memiliki risiko tertular atau menularkan virus ketika berada di keramaian. Yuk tetap #DiRumahAja dan mengisi physical distancing dengan dengan kegiatan lain. Nih, Dokter Gen Z kasih beberapa referensinya:

Mendesain kartu lebaran

 

Kegiatan ini bisa kamu lakukan jauh hari sebelum lebaran. Sekarang sudah banyak website desain gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kartu ucapan. Bisa memakai foto, ilustrasi, maupun teks yang menarik dan bisa diakses secara gratis. Nah, ketika hari H lebaran, langsung cus kirim kartu lebaran di grup percakapan pakai signature design kamu sendiri. Pastinya lebih unik dibandingkan teman-temanmu yang lain.

Bersih-bersih

 

Setelah kenyang makan ketupat opor, yuk bantu bersih-bersih! Cuci piring, menyapu, mengepel, membersihkan jendela, pokoknya yang bisa dilakukan untuk membuat diri kamu tetap aktif dan tentunya dapat bonus rumah yang bersih!

Family video call

 

Beruntung sekali kita hidup di zaman kecanggihan teknologi dimana kita bisa mengakses semuanya dalam satu genggaman. Tetap silaturahmi online via video call bersama keluarga besar pasti akan sedikit mengobati rasa rindu nikmatnya berkumpul bersama.

Be creative!

 

Ajak keluarga inti atau tetangga kamu untuk ikutan video challenge yang lagi viral seperti Pass The Brush, Flip The Switch, Hand Swap Challenge, dan lain sebagainya. Kalau nggak pengen bikin video challenge, bisa juga bikin video seru lainnya seperti yang dilakukan Yura Yunita: bernyanyi bersama! Siapa tau kan, kamu bisa ikut viral sehabis mengunggahnya di media sosial.

Jadi, sudah nggak bingung kan mau ngapain aja untuk mengisi waktu libur lebaran? Yuk tetap stay safe dan patuhi imbauan pemerintah untuk tidak mudik. Dan, mari kita semua berdoa semoga pandemi ini cepat selesai, sehingga kita dapat kembali berkumpul dengan keluarga terkasih tanpa halangan apapun.

  • 7
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya