Salah satu momen yang bikin happy saat Lebaran adalah pas terima THR dari orang tua dan sanak saudara yang datang ya kan? Nah kamu nggak pengen kan cuma berasa punya banyak uang sesaat aja terus langsung habis entah ke mana? Emang sih sekarang kamu masih belum kerja dan menghasilkan uang sendiri, tapi ngatur keuangan itu perlu dimulai sejak dini, karena ini soal membangun habit atau kebiasaan.

Anggap aja uang saku yang kamu terima itu ibarat gaji bulanan dan THR atau uang yang kamu dapet saat hari raya atau moment-moment spesial itu kaya bonus tahunan.

Nah biar kamu nggak bingung gimana tips mengatur keuangan yang benar, nih tips dari seorang Certified Financial Planner, mbak Yosephine P. Tyas, S.Kom, MM, CFP®, yang bisa kamu praktekin:

Buat tujuan keuangan

Duh berasa serius banget ya sampe harus bikin tujuan keuangan!

Eh nanti dulu. Tujuan keuangan itu nggak harus yang heboh kayak “Beli Rumah”. Ya tapi boleh aja sih kalau kamu punya niat buat mulai nabung demi beli rumah nantinya. Nggak ada yang ngelarang, sih. Tapi tujuan keuangan yang kami maksud adalah kejelasan mau nabungnya untuk apa, berapa dana yang dibutuhkan kapan mau kapan realisasinya. Mulai aja dulu misalnya dari beli kebutuhan yang berguna buatmu, seperti:

  • Ikut kursus/les supaya kamu bisa ngembangin bakat or Dengan rincian biaya kursus Rp 1 juta dan deadline 1 bulan lagi. Selagi masih muda kamu bisa tuh cobain belajar banyak hal.
  • Mau mulai usaha online yang modal usahanya 2 juta dan deadline 6 bulan lagi. Biar kamu bisa produktif dan mulai menghasilkan uang sendiri.
  • Beli Laptop buat belajar desain atau kamera buat belajar photography. Harganya Rp 10 juta dengan tenggat 1 tahun lagi. Tujuannya biar kamu bisa ngembangin skill. Siapa tahu kamu bisa ikut lomba, menang dan dapet hadiah liburan ke luar negri, or ada orang yang mau hire

“Kalo aku pengen beli hp nih itu bisa jadi tujuan keuangan nggak?”

Boleh aja, cuma harus belajar bedain antara kebutuhan dan keinginan: kebutuhan beli hp kalo hp yang lama udah rusak; keinginan beli hp kalau cuma pengen ganti hp keluaran terbaru. Hayoo kamu yang mana?

Bikin anggaran atau budget

 

Kamu harus bersyukur kalau kamu dapet uang saku dan uang THR dari orangtua, artinya ini kesempatan kamu belajar buat anggaran/budget. Setiap uang yang kita terima itu harus kita kasih tahu gunanya untuk apa. Kalau nggak ya bakal habis gitu aja. Contoh nih ya kalo kamu terima uang saku tiap bulan atau THR 1 juta, bikin anggarannya yang simpel dulu aja:

  • Saving/Nabung Rp 200 ribu
  • Giving/Sedekah Rp 100 ribu
  • Spending/Pengeluaran Pribadi Rp 700 ribu (Jajan, Nonton, Hobi, Beli Ini Itu, dll)

Dengan begitu kamu masih bisa seneng-seneng, tapi tetap punya anggaran buat sedekah dan jaga-jaga saat kamu ada keperluan mendadak lainnya.

Belajar nabung rutin

Sejalan dengan poin kedua di atas, biasain setiap terima uang langsung sisihin buat ditabung, jangan nunggu sisa! Kenapa? Karena hampir bisa dipastikan nggal THR-mu bakal ada yang tersisa kalau nggak dianggarkan sejak awal! Kalau kamu kesulitan nabung, coba buat rekening tabungan khusus untuk nabung. Sekarang ini kamu bisa buka rekening ‘Tabunganku’ di bank-bank. Minimal mulai dari 10% dari uang yang kamu terima itu langsung ditabung.

Buat apa sih nabung? Ya buat tujuan-tujuan keuangan yang kamu pengen. Makanya semakin dini dan disiplin kamu nabung, semakin cepat deh tujuan keuanganmu tercapai. Makanya bikin tujuan keuangan yang bikin kamu semangat dan komitmen nabung, ya!

Nah THR kan jumlahnya lumayan gede tuh, jangan cuma 10%-nya aja yang ditabung. Kalau bisa 50% -nya kenapa nggak?

Coba deh kamu mulai praktekin tips ngatur keuangan di atas. Kalau kamu udah bisa ngatur keuangan dengan baik sejak masih muda, keren deh! Apalagi nanti kalau kamu udah bisa kerja dan menghasilkan uang sendiri ya kan? Yuk jadi generasi muda yang cerdas dan bisa ngatur keuangan!

  • 22
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya