Halo… jumpa lagi sama aku, Farah, salah satu member Youth Advisory Board Dokter Gen Z. Nah saat ini aku sedang menempuh kuliah di Universitas Gadjah Mada. Berawal dari kebijakan kampus soal social distancing Maret lalu, aku dan teman-temanku akhirnya harus kuliah secara daring dari rumah atau kos masing-masing. Praktis, segala kegiatan belajar mengajar termasuk ujian juga dikonversi menjadi online.

Buat sebagian mahasiswa, kuliah daring tanpa ketemu teman-teman langsung bisa jadi tantangan tersendiri. Nah, aku mau berbagi beberapa tips jitu yang telah terbukti membuatku survive menghadapi UTS dan UAS di semester 4 ini.

Sebelum ujian, pastikan tugas-tugas perkuliahan telah selesai

Selama study from home kemarin, ada beberapa materi yang harus dikebut karena waktunya mepet. Pada akhirnya diganti dengan tugas-tugas untuk mencapai target kurikulum. Nah supaya minggu ujian kamu tenang, kamu harus memastikan tugas-tugas harian perkuliahan tersebut selesai. Atau bisa juga dicicil supaya tidak menumpuk ketika mendekati deadline. 

Jangan sungkan bertanya kepada dosen tentang materi yang belum dipahami

Lewat belajar daring, kadang ada aja kendala yang menghalangi. Mulai dari koneksi, gawai yang kurang mumpuni, sampai materi yang susah dimengerti. Maka manfaatkanlah semaksimal mungkin group chat atau platform lain bersama dosen untuk bertanya soal materi tersebut. Apalagi waktu injury time di pertemuan-pertemuan terakhir perkuliahan biasanya digunakan dosen untuk konsultasi mengenai materi yang kurang dimengerti.

Pastikan dulu bentuk ujiannya sebelum masuk masa UTS/ UAS

Selama UTS dan UAS kemarin, aku menemukan fakta menarik bahwa ternyata ujian itu bisa dilaksanakan dalam berbagai bentuk dan menggunakan beragam media. Mulai dari membuat paper, esai, ujian di google form, ujian lewat platform e-learning kampus, sampai ujian lisan lewat video conference Webex. Nah, sebelum memasuki minggu UTS/ UAS, pastikan kamu telah memastikan bentuk ujian tiap-tiap mata kuliah.  

Tutor sebaya online

Ada banyak cara yang disukai mahasiswa dalam memahami materi. Misalnya dengan diskusi, belajar mandiri, atau mendengarkan. Buat kamu yang suka dengan belajar melalui interaksi dengan teman, bisa memanfaatkan aplikasi seperti Whatsapp, Zoom, Webex, dan lainnya untuk belajar bersama secara daring. Jadi kita bisa tetap memahami materi dengan lebih mudah. Oh iya kamu juga bisa lho mengakses platform belajar online dengan cuma-cuma buat memperkaya materi. 

Persiapkan koneksi, karena koneksi menentukan prestasi, haha!

Ibarat tentara yang akan maju ke medan perang membutuhkan pedang dan baju zirah sebagai alat tempur. Maka koneksi adalah alat tempur paling krusial saat ujian daring. Dengan memastikan bentuk ujian tiap-tiap mata kuliah, kamu bisa lebih siap menghadapi ujian. Jangan lupa siapkan plan B, C, bahkan D untuk mengantisipasi gangguan seperti lost signal atau mati listrik.

Nah, itu dia beberapa tips jitu dari aku untuk teman-teman yang akan menghadapi ujian. Tips tadi berlaku juga buat temen-temen yang masih sekolah atau sedang mempersiapkan ujian masuk kuliah ya. Good luck!^^

 

Cheers, 

 

Farah

Youth Advisory Board (Dokter Gen Z)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya