Upaya pencegahan penyebaran COVID-19 terus dilakukan oleh pemerintah. Mungkin kalian sudah familiar kan dengan istilah PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang telah efektif dilakukan oleh pemerintah di Jakarta mulai dari 10 April lalu. Ya, PSBB merupakan salah satu strategi pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.

Sebagai remaja yang smart, selain mendukung gerakan pemerintah dengan cara menaati peraturan PSBB, yuk tetap lakukan pencegahan dini seperti misalnya:

Pencegahan virus Corona dengan masker dan cuci tangan

Untuk kamu yang tidak memiliki gejala sakit, gunakan masker kain yang rutin diganti setiap bepergian. Pastikan juga selalu cuci tangan sehabis memegang benda atau sebelum melakukan kegiatan seperti makan atau memegang wajah.

Physical distancing

Physical distancing atau jaga jarak bisa dilakukan jika kamu berada di tempat umum maupun di rumah. Kurangi kegiatan di luar rumah kecuali mendesak. Walaupun harus keluar rumah, tetap jaga jarak dengan sesama untuk terhindar dari penyebaran virus COVID-19. Misalnya, ketika mengantri, kamu bisa berikan jarak lebih lebar antar antrian, atau jika sedang duduk di kendaraan atau tempat umum, kosongkan sisi sebelahmu untuk memberikan ruang atau jarak dengan orang yang duduk di samping.

Instal aplikasi PeduliLindungi

Di zaman serba digital seperti ini, ada juga beberapa alternatif pencegahan COVID-19 yang bisa dilakukan melalui smartphone kamu. PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi hasil kolaborasi Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang didedikasikan untuk menghadapi situasi genting seperti ini. Walaupun masih dalam tahap pengembangan, PeduliLindungi sudah cukup efektif kok untuk menginfokan status riwayat wilayah yang pernah kamu datangi. Aplikasi ini akan memberitahu kamu status lokasi kamu berada, apakah masuk dalam zona hijau atau merah, dan juga bisa mengidentifikasi pasien positif, Orang Dalam Pengawasan (ODP), atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dalam radius hingga 5 kilometer. Kuy, buruan download!

Nah, nggak susah kan berpartisipasi dalam mencegah berlanjutnya mata rantai COVID-19? Ayo segera diterapkan supaya kita bisa sama-sama mewujudkan Indonesia yang bebas dari Corona.

  • 3
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya