Mungkin beberapa dari Sobat GenZ masih suka bingung mengenai perbedaan antara vagina dan vulva. Bahkan tidak sedikit juga yang mengatakan vagina padahal yang dimaksud adalah vulva. Hayo loh, jadi yang vagina mana, yang vulva mana?

Yuk mulai dari vagina!

Bagian dalam organ reproduksi perempuan | Instagram Dokter Gen Z

Vagina adalah saluran yang menghubungkan bagian luar alat reproduksi perempuan dengan uterus. Yes, vagina adalah saluran! Tepatnya saluran yang menghubungkan vulva dengan leher rahim dan rahim. Vagina merupakan saluran jalur keluar bayi dan darah menstruasi. Saluran ini juga tempat masuknya penis, cangkir menstruasi (menstrual cup), dan tampon. Vagina bersifat elastis dan dapat mengembang saat terangsang.

Lebih tahu tentang vulva

Bagian luar organ reproduksi perempuan | Instagram Dokter Gen Z

Vulva adalah sebutan untuk bagian luar dari alat reproduksi perempuan. Vulva terdiri dari beberapa organ lainnya:

Labia

Labia adalah organ reproduksi perempuan bagian luar yang terdiri dari dua lipatan kulit di kedua sisi bukaan vagina, bernama labia mayora dan labia minora. Labia mayora (bibir luar) biasanya berdaging dan ditutupi rambut kemaluan setelah memasuki masa pubertas. Bibir luar ini biasanya berukuran lebih besar yang membungkus dan melindungi organ lainnya. Labia mayora punya fungsi yang sama dengan skrotum pada laki-laki. Selain itu, labia juga memiliki kelenjar keringat dan sebasea yang menghasilkan cairan pelumas.

Labia minora (bibir dalam) berukuran lebih kecil dan ditutupi oleh  labia mayora. Berbeda dengan labia mayora, labia minora ini tidak berambut. Banyaknya pembuluh darah membuat labia minora cenderung berwarna lebih cerah ke arah merah muda. Jika mengalami rangsangan seksual, pembuluh ini akan dialiri oleh darah yang menyebabkan labia minora membengkak dan menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan. Labia minora juga dilapisi dengan selaput lendir yang permukaannya tetap lembab karena cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar Bartholin. Cairan ini jugalah yang membuat vagina licin dan siap untuk dimasuki oleh penis ketika berhubungan seksual. 

Labia bisa pendek atau panjang, berkerut atau halus. Seringkali satu bibir lebih panjang dari yang lain. Beberapa orang memiliki bibir luar yang lebih besar daripada bibir bagian dalam, dan banyak yang memiliki bibir bagian dalam yang lebih besar daripada bibir luar. Warnanya juga bervariasi dari merah muda hingga hitam kecoklatan. Warna ini juga bisa berubah seiring bertambahnya usia.

Klitoris

Ujung klitoris (disebut juga glans klitoris) terletak di tempat ujung atas labia minor kanan dan kiri bertemu. Klitoris merupakan tonjolan kecil yang sangat sensitif dan merupakan salah satu sumber utama kenikmatan seksual. Ukuran klitoris masing-masing orang berbeda, bisa sebesar biji kacang polong ataupun seukuran jempol. Tapi sebenarnya bagian klitoris nggak cuma itu loh! Klitoris meluas ke bawah pada kedua sisi vagina. Bagian ini disebut poros dan krura (akar dan kaki), panjangnya sekitar 12.7 cm.

Klitoris, seperti penis, juga terdiri dari jaringan seperti spons yang dapat membengkak saat terangsang. Klitoris bisa sangat sensitif terhadap rangsangan seksual dan bisa mengalami ereksi karena memiliki ribuan ujung saraf yang lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Makanya, rangsangan pada klitoris dapat menyebabkan orgasme.

Lubang vagina

Merupakan pintu masuk ke vagina. Lubang vagina tepat berada di bawah uretra. Terdapat juga selaput dara (hymen) yang menutupi sebagian kecil/besar dari bukaan vagina.

Saluran kemih

Merupakan tempat keluarnya urin dari kandung kemih dan terletak tepat dibawah klitoris.

 

Apa fungsi vulva?

Dengan anatomi yang berbeda dari vagina, vulva juga memiliki fungsi tertentu. Secara menyeluruh, vulva memiliki tiga fungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai pintu masuknya sperma dan penis ke dalam tubuh perempuan.
  2. Sebagai pelindung organ reproduksi internal dari hal-hal berbahaya seperti kotoran dan bakteri jahat.
  3. Vulva juga dapat menjadi salah satu sumber kenikmatan bila diberikan stimulasi.

 

Nah, udah tahu kan sekarang bedanya vagina dan vulva? Penting untuk tahu bedanya vulva dan vagina agar kamu lebih tahu bagaimana cara merawatnya. Ingat yah kalau memahami tubuhmu, termasuk alat reproduksi dan seksual, itu sama sekali bukan tabu. Kamu juga bisa mengingatkan temanmu yang mungkin masih salah dalam penyebutannya. So, nggak bingung lagi deh habis ini.

 

Referensi:

  • 82
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya