Setelah kemarin kita belajar soal kamus seputar COVID-19 mulai dari social distancing, isolasi diri, sampai karantina wilayah, sekarang yuk kita bahas soal apa sih PSBB ini. 

Yap betul, Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan nih soal pemberlakuan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 

PP Nomor 21 Tahun 2020 ini merupakan turunan dari UU No. 6 Tahun 2018 tentang karantina kesehatan. Nah dengan adanya PP ini maka semua daerah di Indonesia bisa terkoordinir dalam penanganan COVID-19. Tujuannya jelas agar penularan penyakit pandemi ini bisa dikendalikan.

DKI Jakarta sebagai kota pertama yang memberlakukan aturan ini sudah mulai melaksanakan PSBB sejak 10 April lalu hingga 14 hari kedepan berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020. Eits tapi jangan sedih, kamu masih bisa kok berinteraksi sosial secara virtual sambil mengisi PSBB dengan aktivitas yang seru. 

Nah Dokter Gen Z udah merangkum nih poin-poin penting soal pembatasan kegiatan yang perlu kamu pahami serta bagaimana cara menyiasati agar masa PSBB kamu tetap menyenangkan. Simak ya!

Kegiatan peribadatan sementara harus dihentikan

Supaya kamu lebih aman dan bisa bantu pemerintah, sementara ibadahnya di rumah dulu ya. Bagi kamu yang muslim bisa solat dan mendengarkan kajian di rumah, begitu pula dengan teman-teman yang nggak bisa ke gereja, bisa mengikuti kebaktian secara online.

Penyelenggaraan kegiatan di fasilitas umum ditiadakan

Kalau biasanya di akhir pekan kamu rutin olahraga di GBK atau CFD-an (car free day) sementara libur dulu ya. Tapi kamu masih bisa kok berolahraga seperti jogging dan sepedaan, asal dilakukan di sekitar komplek rumah dan tidak berkelompok. Oya kalau kamu mau olahraga di luar jangan lupa selalu pakai masker, jaga jarak aman, dan menghindari kontak langsung ya. Atau kamu bisa juga mempertimbangkan untuk workout di rumah sambil nonton video olahraga via YouTube dan berbagai aplikasi olahraga lainnya. 

Kegiatan belajar di sekolah dan kampus dilakukan secara daring

Meskipun nggak bisa ketemu langsung temen gank sekolah atau kampus, tenang aja… Kamu masih bisa menyapa, ketemu mereka, bahkan belajar bareng secara virtual. Berbagai aplikasi menyediakan layanan video conference dengan partisipan yang lumayan banyak, ada Google Hang Out, Zoom, Skype, dan lainnya. Masih bisa seru-seruan kan sama temen-temen sekelas walaupun di masa PSBB ini. 

Kegiatan sosial budaya seperti pertunjukan seni, konser musik, dan lainnya juga harus ditiadakan

Pasti sebagian dari kamu ada yang kangen nonton film di bioskop selama PSBB, nah ada cara jitu untuk mengurangi kebosanan kamu dengan nonton film rame-rame lewat aplikasi. Misalnya nih kamu bisa manfaatin layanan Netflix Party untuk nonton film sama teman-teman kamu saat #jagajaraksejenak gini. Kamu bisa jadi tuan rumah dan mengundang teman-teman kamu buat nonton film favorit plus ngebahasnya langsung via layanan chat yang otomatis tersedia ketika kamu akses. 

Pembatasan penggunaan kendaraan dan transportasi umum

Namanya pembatasan sosial ya artinya memang interaksi dan pergerakan kamu dibatasi. Makanya ketika PSBB begini, masyarakat dianjurkan untuk berada di rumah saja. Soalnya, kendaraan dan transportasi umum yang disediakan juga dibatasi kapasitas penumpangnya menjadi setengah dari biasanya. Kendaran roda dua untuk ojek online pun dilarang membawa penumpang dan hanya boleh digunakan untuk mengantarkan barang atau pesanan makanan. 

Jadi selama PSBB di DKI Jakarta diberlakukan, kamu bisa enjoy walaupun cuma #DiRumahAja. Kalau terpaksa harus keluar rumah untuk kepentingan yang mendesak seperti membeli kebutuhan pokok atau berobat, jangan lupa untuk selalu pakai masker ya dan semoga pandemi ini segera berlalu!

  • 3
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya