Tahun baru seringkali terasa seperti awal yang baru dan kesempatan besar untuk mengubah kebiasaan buruk serta membangun rutinitas baru yang lebih bermanfaat. Mungkin itu sebabnya ada tren resolusi tahun baru. Tapi, kudu banget nggak sih kita kita juga ikutan buat resolusi?

Kenapa membuat resolusi tahun baru?

Tentang resolusi tahun baru | Photo created by KamranAydinov – www.freepik.com

Udah ada penelitian nih kalau mereka yang menetapkan resolusi tahun baru 10 kali lebih mungkin untuk benar-benar mengubah perilaku mereka daripada orang yang tidak membuat tujuan tahunan ini. Hal ini karena momen-momen tertentu bisa menjadi motivasi yang disebut efek “awal yang baru”. Seperti tahun baru, tanggal satu, atau awal minggu. 

Beberapa resolusi yang biasanya menjadi target orang-orang diantaranya menurunkan berat badan, melakukan diet sehat, berolahraga teratur, membuat manajemen keuangan pribadi, berhenti merokok, mencapai tingkatan karir tertentu, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga.

Emang membuat resolusi tahun baru sepenting itu ya?

Semuanya tergantung kamu nih. Kamu harus membuat resolusi tahun baru jika:

1. Kamu butuh motivasi untuk dirimu sendiri

Resolusi bisa mengaktifkan rasa semangat dan antusias. Kamu seperti mempunyai sebuah misi yang ditandai dengan awal yang baru di tahun yang baru.

2. Target yang kamu buat belum berhasil

Apabila kamu memiliki target yang sama dari tahun ke tahun tapi belum berhasil, tetapi kamu benar-benar ingin melihat dirimu berhasil melakukannya, berarti target itu sangat amat penting bagimu. Nggak ada salahnya kamu buat resolusi. Tulis kembali target itu di resolusi tahun baru kali ini. Tetap lanjutkan prosesnya, namun ubah strateginya.

3. Kamu punya tujuan penting yang ingin dicapai

Terbayangkan hasil akhir dari tujuanmu emang bikin semangat. Tapi ingat yah, harus dilakukan dong jangan dibayangin aja. Mulai aja dulu dari target kecil seperti bangun tidur lebih pagi, menyiapkan makanan sehat untuk diri sendiri, pokoknya apapun yang penting bergerak deh.

 

Buat resolusi atau tidak, itu pilihanmu | Photo created by Waewkidja – www.freepik.com

Sebaliknya, kamu mungkin tidak perlu membuat resolusi tahun baru, jika:

1. Kamu sudah punya sistem untuk mencapai targetmu. 

Jika kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan, dan kamu sudah punya mekanisme atau strategi untuk mencapainya, maka nggak perlu-perlu amat kok untuk bikin resolusi lagi. Tinggal aksinya aja. Tapi yang konsisten yah! 

2. Kamu merasa nggak perlu nunggu tahun baru untuk melakukan sesuatu

Kalau kamu termasuk tim yang menganggap kenapa harus nunggu tahun baru buat memulai sesuatu, maka kamu nggak perlu membuat resolusi. Hmmm.. bener juga sih. Kalau kamu benar-benar ingin mengejar tujuan dan mimpi-mimpimu, momen apapun adalah saat yang tepat. Tidak peduli itu bulan Januari, Juli, atau Desember. Mulailah mengerjakan tujuanmu sekarang.

3. Kamu selalu punya alasan untuk nggak melakukan sesuatu

Nah, kalau kamu emang punya suatu keinginan, tapi selalu ada aja alasan untuk menunda tujuan dan mimpimu, buat apa bikin resolusi? Alih-alih membuat resolusi, fokuslah pada alasan yang sering kamu buat. Identifikasi hambatan yang mencegahmu untuk berkomitmen penuh pada tujuan yang ingin kamu capai. Apa sih yang bikin mager? Apa sih yang bikin takut? Ayo semangat!

 

Nah, pembaca Dokter GenZ disini udah tahu kan yes dan no membuat resolusi untuk tahun baru. Jangan bikin resolusi cuma buat ikut-ikutan dan update status aja. Pastikan kalau kamu benar-benar berkomitmen untuk mencapai tujuan. Jadi, kamu bikin resolusi nggak buat tahun depan?

 

Referensi:

  • Norcross JC, Mrykalo MS, Blagys MD. Auld Lang Syne: Success predictors, change processes, and self-reported outcomes of new year’s resolvers and nonresolvers. Journal of Clinical Psychology. 2002;58(4);397-405. doi:10.1002/jclp.1151
  • Dai H, Milkman KL, Riis J. The fresh start effect: Temporal landmarks motivate aspirational behavior. Management Science. 2014;60(10):2381-2617. doi:10.1287/mnsc.2014.1901
  • Psychology Today. (2016). Should You Make New Year’s Resolutions This Year?
  • 11
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya