Menjalin sebuah hubungan bukan hanya perkara soal cocok atau nggak cocoknya. 

Tapi bagaimana cara kamu dalam membangun kedekatan dengan dirinya. Supaya merasa lebih dekat dengan seseorang yang kamu cintai, sering kali kamu melakukan chatting hingga tak kenal waktu. Kamu pun jadi tak bisa lepas dari handphone dan bahkan bisa mengabaikan kewajiban. Padahal kamu juga punya dunia sendiri loh yang harus kamu jalani. 

Komunikasi dianggap sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan cintamu kepada orang lain seperti “aku sayang kamu”, “aku cinta kamu”, dan kalimat manis lainnya. Semakin dewasa kamu akan menyadari bahwa komunikasi bukan hanya dari chattingan saja, akan tetapi ada bentuk bahasa-bahasa cinta lainnya. 

Menurut Dr. Gary Chapman, seorang penulis buku asal Amerika Serikat, bahasa cinta adalah cara seseorang dalam mengekspresikan perasaan cintanya pada orang lain. Nah mau tau apa saja bahasa-bahasa cinta? Yuk simak artikel yang satu ini.

Kata-kata yang menyenangkan hati 

Bahasa cinta yang satu ini sih kedengarannya simple, tapi kadang sulit untuk dilakukan. Hayo inget-inget, kapan terakhir kali kamu memuji seseorang. Hmm… sudah lama kah? Ternyata dengan pujian yang tulus dapat menyenangkan hati seseorang yang kamu cintai loh, Sobat GenZ. Misalnya,“kamu cantik banget hari ini”, atau, “Makasih yah, udah mau luangin waktu buat aku”.

Waktu yang berkualitas

Bahasa cinta yang kedua ini adalah tentang bagaimana cara kamu dalam membagi waktu antara duniamu sendiri dan duniamu saat bersama pacar. Saat bertemu, usahakan untuk menciptakan waktu yang berkualitas tanpa adanya gangguan dari handphone dan mencoba untuk memberikan perhatian penuh terhadap seseorang yang kamu cintai. Misalnya dengan mengajaknya jalan-jalan ke tempat wisata, makan di tempat favorit, atau menikmati waktu dengan saling bercerita satu sama lain. 

Saling memberi 

Terlepas dari perayaan Valentine, hadiah seringkali menjadi simbol dalam mengekspresikan rasa cinta. Entah itu mahal atau murah yang terpenting adalah usaha yang tulus dalam memberikan sesuatu untuk seseorang yang kamu cintai. Dengan bentuk perhatian seperti ini akan membuatnya merasa spesial dan merasa dicintai.

Tindakan yang berkesan 

Sering dianggap buaya darat karena kata-katamu yang manis? Eitss tenang aja, nih ada solusinya. Dengan melakukan tindakan yang berkesan mulai dari hal kecil kepada seseorang yang kamu cintai bisa menjadi bentuk perhatian loh, seperti menjadi pendengar yang baik, membawakan minum saat dia sedang ada kegiatan, atau berpamitan dengan orang tuanya saat ingin mengajaknya pergi.

Sentuhan fisik 

Untuk bahasa cinta yang satu ini, baik laki-laki maupun perempuan, harus sama-sama mengetahui batasan tubuh mana saja yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh. Bukan soal sentuhan-sentuhan yang aneh-aneh ya. Tapi sentuhan yang sederhana seperti menepuk pundak, mengelus kepala, atau menggandeng tangan bisa mengurangi konflik dengan seseorang yang kamu cintai. 

 

Itulah bahasa-bahasa cinta yang bisa kamu berikan kepada seseorang yang kamu cintai sebagai bentuk rasa perhatian kamu. Hubungan yang baik itu dibangun dari kejujuran dan saling mendukung satu sama lain. Jadi nggak melulu tanya “lagi apa” dan “sudah makan belum”, ya. Psst.. tips-tips di atas bisa bikin hubungan kamu makin sehat dan berkualitas loh!

 

Referensi:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya